Fina Rahmawati, Erry Utomo, Santi Maudiarti, Idris, Fakhrurrozi

ABSTRACT
Indonesia memiliki kawasan terumbu karang mencapai 25.000 km2 atau sekitar 10 % total terumbu karang dunia dengan keanekaragaman jenis karang paling tinggi yaitu 569 jenis dari 82 marga dan 15 suku atau sekitar 70 % lebih jenis karang dunia serta 5 jenis termasuk endemik. Masyarakat pesisir banyak menggantungkan hidupnya pada kawasan terumbu karang, namun saat ini terumbu karang di Indonesia dalam kondisi memprihatinkan. Guna menjawab permasalahan tersebut, Yayasan TERANGI mengembangkan pemantauan kondisi terumbu karang dan riset ilmiah yang melibatkan sumber daya manusia yang kompeten. Peningkatan kompetensi dilakukan melalui program pelatihan Pemantauan Terumbu Karang yang terbuka untuk umum dengan syarat-syarat tertentu. Tujuan dari program pelatihan ini adalah untuk mencetak para peneliti muda yang kompeten di bidang pemantauan terumbu karang. Namun program pelatihan belum memiliki kurikulum yang dapat dijadikan acuan atau pedoman selama menjalankan program. Maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah prototipe kurikulum program pelatihan pemantauan terumbu karang yang dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan program pelatihan di Yayasan Terumbu Karang Indonesia. Metode yang digunakan mengacu pada model Dick And Carey. Prosedur pengembangan dilakukan melalui sembilan tahap dari sepuluh tahap yang terdapat dalam model tersebut. Sebagai bentuk penilaian terhadap produk kurikulum yang dikembangkan maka dilakukan evaluasi formatif berupa expert review. Hasil review dari ahli kurikulum memperoleh skor rata-rata 3,43; ahli desain pembelajaran 3,46 dan ahli materi 3,64. Berdasarkan kriteria hasil penilaian yang telah ditentukan maka kurikulum pelatihan ini dinilai “Sangat Baik”.

KEYWORDS:

Pengembangan, Kurikulum, Program Pelatihan, Pemantauan Terumbu Karang

 

FULL TEXT:

PDF [Download]

REFERENCES:

Ansyar, M. (2015). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta:Kencana.

Badar Al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Branch, R. M., & Dousay, T. A. (2015). Survey Of Instructional Design Models. Bloomington: AECT.

Coral Reef Targeted Research and Capacity Building for Management Program. (2008). Coral Disease Handbook. Melbourne: Coral Reef Targeted Research and Capacity Building for Management Program.

Daryanto, & Bintoro. (2014). Manajemen Diklat. Malang: Gava Media.

Hamalik, O. (2009). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Idris, & Fadillah. (2012). Guide Book Pengenalan Karang Keras Yang Diperdagangkan. Jakarta: Kementerian Kelautan Dan Perikanan.

Iriana, F. (2016). Pengembangan Kurikulum: Teori Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Miarso, Y. H. (2016). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nurdin, S., & Andriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Priansa, D. J. (2014). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Pribadi, B. A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Puslit Oseanografi LIPI. (2019, Juni 22). LIPI: Status Terkini Terumbu Karang Indonesia 2018. Retrieved from Lipi.go.id: http://lipi.go.id/siaranpress/lipi:-status--terkiniterumbu-karang-indonesia-2018-/21410

Sanjaya, W. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Sukmadinata, N. S. (2013). Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Suprayekti, & Annisa. (2017). Integrasi Sumber Belajar Dalam Pembelajaran. Jakarta: FIP UNJ. Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Metode Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yayasan TERANGI. (2019, Juni 22). Profil Yayasan Terumbu Karang Indonesia. Retrieved from terangi.or.id: https://www.terangi.or.id/index.php/tentang-kami/122-profilyayasan-terumbu-karang-indonesia

Copyright (c) 2020 Seminar Nasinal Kelautan dan Perikanan ke-VII
Tema: Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil yang Berkelanjutan Menuju Masyarakat 5.0Copyright (c) 2020 Seminar Nasinal Kelautan dan Perikanan ke-VII 
Pusat PengetahuanTersedia disini

Hubungi kami


Jalan Asyibaniah No. 105-106, RT. 03/RW.01,
Pd. Jaya, Cipayung, Kota Depok,
Jawa Barat 16438
Indonesia